Dari Depok Ayodya Pala Menari di Peru

DEPOK – AKSIKATA.COM – Setidaknya Baas Cihno Sueko, selaku pendiri Sanggar Tari Ayodya Pala mengharu biru. Terutama ketika dirinya bercerita tentang perjuangan penari asal Depok yang tampil di negeri orang lain.
“Dalam perjalanan lebih 42 jam, mereka membawa misi atas nama baik kebudayaan Indonesia, dan saya bangga dengan mereka, pun atas sejumlah pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini” kata Baas.
Sebagai rangkaian the Indonesia – Latin America and the Caribbean Business Forum (INA-LAC) 2024, Festival Budaya Indonesia telah diselenggarakan pada (8/9) di Parque Kennedy, Miraflores, Lima, Peru itu, Ayodya Pala menyuguhkan keragaman tari yang mencereiminkan warna Indonesia.
Festival kebudayaan ini diinisiasi oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bekerjasama dengan KBRI Lima, berlangsung meriah dan diramaikan oleh berbagai kalangan masyarakat kota Lima, Peru.
Bahkan dari sumber yang diperoleh Aksi Kata dari Kementerian Luar Negeri
Indonesia, diungkapkan bahwa para pengunjung antusias menyaksikan berbagai pertunjukan seni dan budaya Indonesia, mulai dari tarian tradisional (Tari Saman, Tari Aceh Ratoeh Jaroe, Tari Jejer Banguwangi, Tari Bajidor Kahot dan Tari Bhinneka) yang dibawakan oleh Kelompok Ayodya Pala, lagu daerah hingga parade pakaian Nusantara.
Selain itu ditambahkan Baas, yang menambah gengsi Indonesia diacara itu, Ayodya Pala pun “dikawani” oleh sejumlah musisi etnis ternama asal Bali, Balawan dan groupnya secara khusus menyuguhkan sejumlah lagu daerah, seperti Jali-Jali dan Bengawan Solo, serta melakukan demonstrasi cara memainkan Gamelan dan Kotekan Bali.
Festival Budaya Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Duta Besar (Dubes) RI untuk Peru, Ricky Suhendar, bersama Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu, Umar Hadi. Sejumlah tokoh masyarakat dan pejabat tinggi Peru, termasuk kalangan diplomatik asing, turut menghadiri Festival ini, antara lain yaitu Walikota Miraflores, Carlos Canales​, Dirjen Asia dan Oceania Kemlu Peru, Duta Besar negara-negara sahabat, serta Miss Peru dan Miss World Peru 2024, yang hadir secara khusus untuk memeriahkan acara tersebut.
Festival Budaya Indonesia ini merupakan bagian dari kegiatan Forum Bisnis Indonesia dan Amerika Latin dan Karibia atau Indonesia-Latin America and the Caribbean (INALAC) Business Forum 2024 di Peru, khususnya untuk promosikan budaya dan pariwisata Indonesia.
Apapun kegiatannya Kami dari Ayodya sudah juga menyiapkan agenda besar untuk nama baik Indonesia terutama warga Depok di kancah internasional,” demikian Baas Cihno Sueko.