Kena Paku Payung, Sylvia Saartje Gagal Manggung

MALANG, AKSI KATA. COM – Lady Rocker Pertama Indonesia, Sylvia Saartje, megaku belum lama ini gagal tampil di sebuah konser privite, karena kaki kanannya terkena paku payung.
Awalnya, beberapa hari sebelum tampil di Kota Batu, Malang itu, “saya sedang bersih-bersih halaman rumah, dan tanpa disadari kaki kananku menginjak paku payung. Padahal sudah pakai sendal, tapi tembus juga,” ujarnya kepada Aksi Kata.
Usai insiden itu, artis yang sering disapa Jippi ini pun dilarikan ke rumah sakit karena setelah mencabut paku tersebut, ternyata darah yang mengalir cukup banyak.
“Aku panik akhirnya pulang dari rumah sakit di Malang, ternyata kakiku pincang dan tidak berjalan dengan normal, sehingga aku putuskan untuk urung dalam mengisi acara tersebut, ” ujar penyanyi yang kini sedang sibuk merevisi karya-karyanya ini.
Dengan niat baik untuk mengembalikan uang DP konsernya, namun dari panitia menyatakan tidak usah. “Ya sudah buat beli obat dan vitamin saja kata mereka. Namun begitu aku berjanji, jika panitia tersebut akan mengadakan acara, aku bilang nanti gak perlu DP lagi,” kata Jippi yang akibat insiden itu dirinya berjalan pincang selama empat hari.
Tidak cuma itu, artis yang tinggal di Malang ini pun juga menceritakan kemalangan lainnya. Saat usai, dan ingin pindah lokasi dari pembuatan video klip album Take Me With Yoy bersama Log Zhelebour di salah satu televisi nasional hidungnya terbentur pilar.
“Waktu itu aku sedang mempersiapkan shooting kedua bersama Log, dan rencananya akan pindah lokasi, tapi karena saat itu aku terburu-buru, dan gak sadar hidungku terbentur pilar. Walhasil, aku dibawa ke rumah sakit, dan aku tidak melanjutkan pembuatan video klip itu,” ujarnya.
Sementara itu menyinggung kesibukannya belakangan ini, artis kelahiran 15 September ini menjelaskan bahwa dirinya sedang asik merevisi beberapa karya liriknya, dan baginya itu adalah proses kreativitas yang tertunda dan ingin dirampungkannya.
Menurut Jippi, dirinya sudah rajin menulis lirik lagu sejak dia bersekolah di Sekolah Dasar., dan terkumpul sudah lirik lagu 200 lebih.
barangkali berguna dan bisa untuk diproduksi.
Bahkan ada beberapa lagu yang sedang dicoba untuk dilantunkan oleh beberapa penyanyi pendatang baru, dan dalam proses kreativtitasnya Jippi mengalir saja, tidak melulu harus lagu rock yang dibuatnya. Pokoknya semua genre musik, dan itu dilakukannya untuk menjaga volume kreativitas agar konsisten.
Jippi tetap sibuk berkarya, dan dia tidak mau terlibat dalam urusan politik praktis. Meskipun, dalam perjalanan musiknya, dia pernah ikut dalam konser emas yang didanai oleh Ford Fondation, Cipta Media Ekspresi dan Wiki Media karena dirinya terpilih menjadi salah seorang 40 wanita di Indonesia berprestasi. “dan aku terharu,” ujar penulis lagu berjudul Pulauku ini.
Sementara itu, dalam perjalanan karirnya di blantika musik Indonesia Sylvia Saartje menjadi satu-satunya penyanyi rock perempuan yang tampil dalam konser ‘Aktuil Vacancy Rock’ di Gedung Olah Raga (GOR) Pulosari Malang, 27 Desember 1976 silam.
Sejak saat itu, insan pers musik Indonesia mengikuti sepak terjangnya hingga memberinya gelar sebagai ‘Lady Rocker Pertama di Indonesia.’ Dan kisah penyanyi asal Kota Malang ini pun akhirnya diangkat dalam film dokumenter berjudul ‘Sylvia Saartje, Lady Rocker Pertama Indonesia’ besutan Sutradara Subi, dan digarap oleh Yayasan Terakota.
“Aku berharap kehadiran film dikumenter ini juga bisa menjadi inspirasi untuk mengembalikan Malang sebagai barometer musik rock Indonesia,” harapnya.