Dari Kalimantan, ke Afrika Selatan Menuju Temu Lawas Fotografer

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Sejumlah fotografer kenamaan Indonesia berencana akan mengadakan Pameran foto bertajuk Pamer (in) Foto, pada 23 – 28 September 2024 di Zenko Kissaten, Pejaten Barat, Jakarta Selatan, mulai jam 10.00 WIB.

Penggagas acara, Triyudha Ichwan, menjelaskan, bahwa awalnya forum Temu Lawas Fotografer dan Model itu adalah forum silaturahmi sesama fotografer.

“Namun berkembang, selain ngopi-ngopi santai saja, namun berkembang ide untuk menggelar pameran foto, dan teman-teman ternyata sepaham,” kata Triyudha.

Menurutnya, Temu Lawas Fotografer  dan Model (TLFM) mulai dibentuk pada 2014, dan pameran foto ini disponsori oleh Adorama PhotLab. “Sempat vakum karena Pandemi, tapi lanjut lagi. Sementara untuk acara pameran foto ini, digagas oleh saya, Darwis Triadi, Firman Ichsan, dan Irfan Hasan,” ujarnya.

Agar membuat seru acara pameran tersebut, direncanakan, salah seorang Desiner kostum Nasional, Oentari Handayani pun akan ikut menampilkan karyanya.

“Saya berencana akan menampilkan karya saya di Pameran foto para fotografer kawakan itu, dan bersyukur saya bisa andil di acara Pemeran foto tersebut,” ungkap Oentari.

Lebih jauh dijelaskan Oentari, saat ini dirinya sedang mempersiapkan event bersekala internasional yang akan di gelar di Afrika Selatan pada Oktober 2024 dalam event Miss Culture Global Internastional Indonesia.

Baju yang akan ditampilkan di Afrika Selatan, akan dibawakan oleh model perwakilan Nusa Tenggara Barat.
“Persiapannya lumayan meletihkan, karena sebagai salah satu perwakilan dari Indonesia, saya mesti wara-wiri Jakarta Bali,” jelas pemilik Rumah Quinsa ini.

Selain itu, Oentari juga akan terlibat di JCC Jakarta, dalam event Warisan Nusantara Pesona Indonesia Timur, pada 1 September 2024 dalam event lomba, dan dirinya akan menampilkan 10 baju kreasinya.
Sedangkan untuk acara Temu Lawas Fotografer, Oentari akan menampilkan rancangannya dengan tema Pesona Kalimantan Timur.

“Aku habis observasi, ada beberapa daerah yang bisa aku eksplore, blusukan ke pasar-pasar di Balik Papan, Sepaku, dekat IKN, sempat bincang dengan masyarakat di sana. Nah seru nih, ada pameran foto, ya sudah aku siapkan saja salah satu kostum yang terbaik,” jelasnya

Menurutnya, Oentari tertarik dengan motif Kalimantan Timur, terutama pada tema batik Cumi Cumi yang terkenal di sana.

Sambil membuka diskusi di acara Temu Lawas Fotografer tersebut, karya Oentari yang merupakan cerminan nasional kostum dari Kalimantan Timur itu akan muncul bersama sejumlah karya foto milik fotografer kondang Tanah Air.

Adapun mereka yang terlibat dalam acara pameran foto itu adalah, DARWIS TRIADI, FIRMAN ICHSAN, FIRDAUS FADLIL, TIGOR LUBIS,  ARBAIN RAMBEY, RAY BACHTIAR,  TRIYUDHA ICHWAN, MARGARET HAN, ALBERT GUNAWAN, GINO FRANKY,  ROBBIE SUMANTRI,  RIZAL PAHLEVI, DRIGO TOBING,  SILVA SANDIARINI.