Mengenal Pakaian Adat Kustin Asal Kutai yang Dipakai Presiden Jokowi

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana mengenakan pakaian adat Kustin asal Kutai, Kalimantan Timur, saat upacara peringatan HUT ke-79 RI di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024).

Preside Jokowi mengenakan pakaian kustin berwarna hitam dengan oranamen emas. Presiden Jokowi juga terlihat mengenakan penutup kepala sementara Iriana Jokowi menyanggul rambtnya dengan dua hiasan warna emas.

Baju adat Kustin adalah pakaian yang mempunyai kasta tertinggi di Kesultanan Kutaikartanegara, yang merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Kata ‘Kustin’ memiliki makna yang berarti ‘kebesaran’.

Baju Kustin kerap dipergunakan sultan pada saat upacara penting pada masa Kesultanan Kutaikartanegara. Salah satunya, upacara Erau.

Baju adat Kustin didominasi warna hitam. Pakaian ini terbuat dari kain beludru. Pada bagian kerah dan lengan terdapat ukiran emas.

Baju Kustin kaya detail yang terpampang pada ornamen pakaian dan penutup kepala yang disebut setorong, bagi pria. Pada bagian depan setorong terdapat emblem yang disebut wapan di mana disesuaikan dengan tingkat gelar pemakainya.

Wapan sendiri merupakan penanda dari gelar yang dianugerahkan oleh Sultan Kutai Kartanegara kepada pemakainya. Bagi wanita, bagian rambut kepala akan dipasang hiasan berupa kembang goyang dari logam bersepuh emas.

Pada laki-laki, Kustin biasanya berbahan beludru yang dipadukan dengan celana panjang dengan warna senada. Baju ini juga khas dengan kerah tinggi dan bagian dada yang dihiasi pasmen.