Ketum Ndaru Aditya Yusma Diberi Gelar Kehormatan Abang Betawi

JAKARTA, AKSI KATA. COM –
Dewan Adat Badan Musyawarah (Bamus) Betawi menggelar Rapat Kerja (Raker) I. Ketua Bamus Betawi Muhammad Rifqi (Eki Pitung) mengatakan Raker I ini membahas tentang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) hingga rekomendasi tokoh Betawi untuk Pilkada 2024 serta menganugerahkan Gelar Abang kepada Ketua MPR RI  Bambang Soesatyo dan   Aditya Yusma Ketua Umum Ndaru Nderek Guru (Ndaru) yang juga  Produser Film serta TA BNPT RI.

Eki menjelaskan, pemberian gelar Abang ini adalah tradisi. Dulu pernah angkat Sutiyoso, Gubernur, menjadi Bang Yos. Lalu, Fauzi Bowo waktu itu juga kita panggil menjadi Bang Foke.

“Kami dari Dewan Adat menyambut baik Bang Bamsoet Ketua  MPR RI dan  Bang Aditya A Yusma Ketum Ndaru menjadi keluarga besar Bamus Betawi. Dalam kesempatan penganugerahan Gelar Abang ini sekaligus momentum akan dimulai rencana produksi film layar lebar tentang budaya dan tokoh betawi “Pitung”.Bang Adit selaku produser film sangat antusias untuk melaksanakan produksi film tersebut ditambah dukungan penuh oleh Bang Bamsoet,” kata Eki  kepada wartawan di gedung Vokasi Kemnaker, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (3/8/2024).

” Selamat untuk Dewan Adat Bamus Betawi untuk Raker I, Budaya Betawi wajib kita jaga bersama . Terima kasih atas gelar Abang yang diberikan ke saya,  insya Allah amanah akan menjaga Budaya Betawi , dan semoga Abang Rifki ketum Dewan Adat Bamus Betawi menjadi Gubernur DK Jakarta.Aminn,” ungkap Bamsoet  Ketua MPR RI setelah acara penganugerahan Gelar Abang.

Film PITUNG ini bukan hanya film Betawi atau film Nasional . Namun Film pitung ini akan menjadi Film international. Karena itu, sudah kewajiban seluruh anak bangsa untuk melestarikan budaya , nilai nilai perjuangan para pahlawan bangsa. ” Film ini akan menjadi tontonan dan  tuntunan bagi generasi penerus bangsa. Karena  itu, Pemerintah melalui Kemendikbud dan Proovinsi DKJ serta seluruh insan film Indonesia wajib untuk mendukung Produksi film Pitung,” Ungkap Aditya Yusma Ketum Ndaru – Produser Film

Eki menambahka selain pembahasan soal pelestarian budaya dan pahlawan bangsa,  Raker I Bamus Betawi, juga membahas upaya mengawal DKJ.
Dia  mengatakan,  Raker ini juga  membahas tokoh –  tokoh Betawi untuk direkomendasikan ikut dalam Pilgub Jakarta.

Dia menjelaskan, hasil rekomendasi ini selanjutnya akan diserahkan kepada Parpol-parpol.

“Setelah kita rekomendasi, ini nanti kita akan roadshow ke pimpinan-pimpinan partai politik untuk memberikan sebuah usul atau gagasan kami, keinginan kami dari kaum Betawi,” jelas Eki.

Kegiatan penganugerahan Gelar Abang kepada Bang Bamsoet dan Bang Aditya Yusma ditutup podcast mengenai rencana Produksi film Pitung.