BNI Dorong UKM Jawa Timur Tembus Pasar Global Lewat BEF di Surabaya

 

SURABAYA, AKSI KATA. COM – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk bersaing di pasar global. Melalui program unggulannya, Xpora, BNI sukses menyelenggarakan BNI Exporters Forum (BEF) ke-lima di Surabaya pada Rabu, 11 Juli 2024.

Mengusung tema “Export Market Prospect 2024”, forum ini bertujuan untuk membekali UKM Jawa Timur dengan wawasan dan pengetahuan terkini mengenai peluang ekspor di tahun 2024. BEF resmi dibuka oleh Direktur Retail Banking BNI Corina Leyla Karnalies bersama Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Timur I Untung Basuki.

Dalam keterangannya Corina mengatakan, BNI Exporters Forum merupakan wujud nyata komitmen BNI dalam mendukung UKM Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing mereka di pasar internasional. “Kami yakin UKM memiliki potensi besar untuk mendongkrak ekspor nasional dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.” ujar Corina.

Para peserta BEF mendapatkan pemaparan mendalam dari para ahli di bidangnya, seperti Direktur Asia Timur Kementerian Luar Negeri Arifianto Sofiyanto, Ketua Tim Pengembangan Pasar Ekspor Kawasan Amerikan dan Eropa Kementerian Perdagangan Astri Permatasari, dan Tim National Logistic Ecosystem Pelabuhan Tanjung Perak Pulung Raharjo.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 47 UKM dari segmen kecil dan menengah yang siap untuk ekspor dengan berbagai produk serta komoditas unggulan dari Indonesia, sebagai mitra BNI dan DJBC Jawa Timur.

Pada kesempatan ini, BNI juga memperkenalkan banking app wondr by BNI kepada seluruh peserta BEF. Banking app ini hadir memberikan solusì bagi masyarakat Indonesia untuk dapat melakukan pengelolaan keuangan yang lebih terencana sesuai kebutuhan finansial masing-masing melalu fitur 3 Dimensi Keuangan yaitu Transaksi, Insight, dan Growth.

Untuk diketahui, BNI Xpora menawarkan serangkaian layanan komprehensif, antara lain pelatihan, pendampingan, dan fasilitasi akses pasar, untuk memberdayakan UKM agar mampu bersaing secara internasional dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia.

Selain itu, BNI Xpora juga menawarkan digital & financial solution yang dapat memberikan kemudahan bertransaksi seperti digitalisasi management transaksi, management payment, dan solusi kebutuhan pembiayaan ekspor melalui produk-produk BNI seperti BNI Trade Online, BNI Smart Remmitance, BNI Direct, QRIS, dan EDC BNI.

BNI Exporters Forum telah sukses diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Lampung, Bandung, dan Makassar. BNI berkomitmen untuk terus menyelenggarakan forum ini di kota-kota lain untuk menjangkau lebih banyak UKM dan mendorong mereka untuk Go Global.

“Melalui BNI Exporters Forum dan program BNI Xpora, kami berharap dapat membantu UMKM Jawa Timur untuk mencapai target ekspor mereka dan berkontribusi pada peningkatan devisa negara,” tutup Corina.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *