BNI Xpora Raih Penghargaan SME Enabler of the Year 2024 dari Majalah Marketeers

 

JAKARTA, AKSI KATA. COM –  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meraih penghargaan bergengsi dari Majalah Marketeers melalui ajang Sustainable Marketing Excellence (SME) Award 2024. Melalui program BNI Xpora, BNI berhasil meraih penghargaan Sustainable Marketing Excellence (SME) Award 2024 dari Majalah Marketeers, dengan kategori SME Enabler of the Year.

SME Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan/merek/lembaga/organisasi yang sukses menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam strategi perusahaan dan memberikan dampak nyata bagi masyarakat luas. Penilaian ini bukan hanya berdasarkan profitabilitas (Profit) semata, melainkan juga memperhatikan aspek pemberdayaan manusia (People) dan pelestarian lingkungan (Planet).

Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengungkapkan, penghargaan ini menjadi bukti konkret kontribusi BNI dalam mendukung keberlangsungan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. “Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang membanggakan bagi BNI yang saat ini fokus mendorong pelaku UKM untuk bersaing di kancah global melalui BNI Xpora,” kata Okki.

BNI Xpora adalah ekosistem UKM berorientasi ekspor yang mendukung peningkatan potensi UKM Indonesia agar dapat berkembang menuju UMKM Go Productive, Go Digital, dan Go Global. BNI Xpora juga menyediakan layanan bagi diaspora Indonesia yang berprofesi sebagai pengusaha di luar negeri.

Dalam upaya meningkatkan kapabilitas UKM, BNI Xpora menjalankan pilar Go Productive dengan menyediakan pelatihan, pendampingan, coaching clinic, serta seminar dan webinar. Tahun ini, BNI Xpora menggelar Serial Event BNI Exporters Forum (BEF) di lima kota, yaitu Jakarta, Lampung, Bandung, dan Makassar. Melalui kegiatan ini, UKM diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kemampuan untuk bersaing secara global.

Pilar Go Global BNI Xpora mendukung UKM dengan menyediakan akses pasar internasional melalui partisipasi dalam berbagai pameran internasional dan business matching dengan calon pembeli luar negeri. Beberapa pameran yang diikuti tahun ini antara lain Foodex di Tokyo,  Amsterdam Coffee Festival, Specialty Coffee Expo di Chicago, dan Indonesia in Singapore, Indonesia in Korea, serta keikutsertaan lainnya.

Okki menambahkan, BNI terus melakukan inovasi dan transformasi untuk mendukung UKM menembus pasar global, salah satunya dengan memanfaatkan Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) di pusat-pusat perdagangan dunia seperti London, Singapura, Hong Kong, Seoul, New York, Tokyo, dan Amsterdam.

Selain dukungan dari sisi permodalan, BNI Xpora juga memberikan dukungan dalam e-commerce, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pengelolaan produk, operasional digital, hingga infrastruktur. “Penghargaan ini merupakan bukti nyata kontribusi kami terhadap UKM di Indonesia. Ke depan, kami akan terus berjuang mengantarkan UKM bisa bersaing di pasar internasional,” tutup Okki.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *