Survei Litbang Kompas, Elektabilitas Prabowo – Gibran Capai 39,3 Persen

foto:jambione

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Survei Litbang Kompas yang dirilis pada Senin (11/12/2023), menunjukan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul dengan elektabilitas mencapai 39,3 persen.

Perolehan suara itu berdasarkan survei yang berlangsung 29 November-4 Desember 2023 itu. Dari hasil survey itu juga, pasangan Prabowo-Gibran unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden. Prabowo-Gibran unggul baik di pemilih perkotaan maupun perdesaan, serta laki-laki dan perempuan.

Peningkatan suara Prabowo-Gibran terjadi di seluruh provinsi di Pulau Jawa, meliputi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarya, dan Jawa Timur.

Diurutan kedua, diperoleh pasangan nomor 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dengan elektabilitas 16,7 persen.

Dan, pasangan capres-cawapres nomor 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, menempati urutan ketiga dengan tingkat elektoral 15,3 persen.

Survei melibatkan 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. Metode tersebut tersebut memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Survei dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *