Ini Sosok KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

foto: twitter @jokowi

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023), kemarin.

Maruli Simanjuntak menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang telah dilantik menjadi Panglima TNI. Dengan pelantikan tersebut Maruli mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Jenderal. Kenaikan pangkat tersebut diberikan berdasarkan Keppres Nomor 104/TNI Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Lahir pada 27 Februari 1970, di Bandung, Maruli merupakan menantu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan. Dia menikah dengan anak Luhut yang bernama Paulina Panjaitan sejak 1999.

Maruli lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1992 spesialisasi bidang infanteri dan sepanjang karirnyta di Angkatan Darat dia meraup banyak prestasi.

Dia mengawali karier militernya selepas lulus dari Akmil melalui pengabdiannya di satuan tempur kecabangan infanteri di Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra.

Sebelum jadi KSAD, Maruli menjabat sebagai Panglima Kostrad (Pangkostrad) sejak 31 Januari 2022.

Dia juga pernah menempati jabatan strategis dalam karier militernya di antaranya Komandan Batalyon (Danyon) 21 Grup 2 Kopassus. Kemudian menjadi Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdikpassus).

Pada 20 November 2023, Maruli mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI sebagai “Insan Indonesia yang membantu Pengadaan Air Bersih Terbanyak Kepada Masyarakat secara Berkelanjutan”.

Dia juga mendapat pengharagaan dan tanda jasa dari luar negeri. Antara lain, Special Forces Distinctive Unit Insignia (US Army), Master Parachutist Badge (Royal Thai Army), dan Master Parachutist Badge (Singapore Army), serta Advanced Military Free Fall Parachutist Badge (Singapore Army).

2 Comments on “Ini Sosok KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *