Mangut Lele Mbah Marto, Kuliner Legendaris Yogyakarta

Menu makanan di Dapur Asli Mbok Marto Ijoyo di kawasan Bantul, Yogyakarta, Rabu (18/10/2022). (Foto - foto : Kuncoro Widyo Rumpoko/Aksikata.com).

YOGYAKARTA, AKSIKATA.COM – Warung Mangut lele Mbah Marto terletak di Dusun Nggeneng, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. Dulunya pedagang keliling yang rajin berjalan hingga alun-alun utara untuk berjualan. Karena usia, ia kini berjualan di rumahnya di pelosok Bantul. Siapa sangka, justru pengunjungnya berduyun-duyun datang untuk menikmati aneka sajian masakan Mbah Marto.

Ada beberapa baskom besar berisi mangut lele, gudeg, krecek, telur dan tahu areh, ayam opor, dan lain-lain di atas dipan bambu yang lebih mirip lincak berukuran agak besar. Pengunjung diarahkan untuk mengambil sendiri makanannya ke dapur utama.

Para penikmat kuliner sejati tak boleh melewatkan kuliner satu ini meski lokasinya mblusuk atau terpelosok. Kuliner tradisional khas Mataraman (Jogja-Solo) dan Semarang-Kendal ini tentunya akan menghidupkan kembali memori masa kecil akan kampung halaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *