Dompet Dhuafa Gencarkan Kurban Asyik Tanpa Plastik

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Melalui program Tebar Hewan Kurban, Dompet Dhuafa mendukung pemberdayaan DD Farm, manajemen pengelolaan wadah daging kurban yang melibatkan masyarakat lokal dalam pembuatan wadah ramah lingkungan, sehingga kampanye Kurban Asyik Tanpa Plastik dapat menekan penggunaan sampah plastik hingga pencemaran lingkungan.

Selama ini hegemoni kurban mempengaruhi budaya masyarakat dalam memanfaatkan wadah daur ulang sebagai perangkat wadah daging dalam pendistribusian daging. Di kota-kota besar pemanfaatan wadah masih banyak menggunakan plastik sebagai wadah daging dalam pendistribusiannya. Pemanfaatan wadah dari kantung plastik dapat memicu tingginya sampah dan perusakan lingkungan.

Tahun 2022 gerakan kurban asik tanpa sampah plastik telah berhasil mengubah penggunaan kemasan sekali pakai saat distribusi kurban menjadi kemasan ramah lingkungan sebanyak 137.539 paket di 24 provinsi di seluruh Indonesia.

Ujang Solihin Sidik selaku Kasubdit Tata Laksana Produsen KLHK mengatakan, gerakan kurban tanpa plastik justru memunculkan masyarakat yang kreatif dengan munculnya wadah-wadah pengganti kantong plastik. “Kabar baiknya gerakan ini terus meningkat setiap tahunnya dan akan terus dilakukan dalam upaya memilah dan mengolah sampah terutama sampah plastik yang akan dilakukan tahun ini beriringan bersama Dompet Dhuafa,” ujarnya dalam Diskusi Publik – Satu Kurban Banyak Kebaikan: Peran Kurban Bagi Kesejahteraan Masyarakat & Kelestarian Alam, Rabu (21/6/2023).

Sementara itu Prima Hadi Putra selaku Direktur Komunikasi, Teknologi, dan Tata Kelola Dompet Dhuafa menjelaskan Tebar Hewan Kurban program yang mengintegrasikan pemberdayaan peternak, pada Idul Adha kali ini menargetkan 32.000 Setara Doka. Program Tebar Hewan Kurban 1444 H kembali bekerjasama dengan PT Lion Superindo.

Donny Ardianta Passa, Vice President of Buying & Indirect Procurement Super Indo memaparkan, tahun 2023 merupakan tahun keempat Super Indo bekerja sama dengan Dompet Dhuafa. Selain karena kredibilitas yang baik dari Dompet Dhuafa, pihaknya melihat Dompet Dhuafa memiliki semangat yang sama dengan Super Indo yaitu semangat kolaborasi dan memberikan kemudahan untuk pelanggan.

“Dengan adanya program ini, kami berharap dapat memberikan akses kemudahan bagi masyarakat yang ingin melaksanakan kurban pada tahun ini. Supaya semangat dan manfaatnya juga semakin tersebar,” ungkap Donny Ardianta Passa, Vice President of Buying & Indirect Procurement Super Indo.

Mariatul Kibtiah selaku Ketua Tebar Hewan Kurban 2023 menjelaskan proses pendistribusian hewan kurban dengan Quality Control sesuai syariat hingga kepelosok negeri dengan mentargetkan lebih dari 1,2 juta jiwa penerima manfaat daging hewan kurban. “Dompet Dhuafa juga menjamin hewan kurban yang diamanahkan oleh para donatur sudah dipastikan sehat dan terpenuhi sesuai syariah,” jelasnya.

Mengusung tagline Satu Kurban Banyak Manfaat, Dompet Dhuafa berharap, kurban dari masyarakat dapat mendukung pemerataan kesejahteraan sosial serta meningkatkan konsumsi gizi dalam upaya pencegahan stunting bagi anak-anak. Di sisi lain dengan kampanye Kurban Asik tanpa Plastik diharapkan masyarakat semakin peduli dengan kelestarian alam serta meminimalisir penggunaan plastik dalam hegemoni kurban.

“Kesenjangan konsumsi daging dan potensi kurban untuk intervensi daging, dengan potensi 103,0 Ribu Ton Daging Kurban di 1444 H menjadi peluang bagi Dompet Dhuafa dalam upaya perbaikan bagi defisit protein untuk masyarakat miskin khususnya para mustahik miskin ekstrim dengan pendistribusian daging kurban yang merata,” tambah Yusuf Wibisono Selaku Direktur IDEAS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *