Memaksimalkan Fitur Live Streaming di Media Sosial sebagai Digital Marketing

 

JAKARTA, AKSIKATA.COM — Face dan Bain & Company (2021) menyatakan bahwa ekonomi digital di Asia Tenggara terus meningkat. Hampir 80% konsumen di Asia Tenggara beralih ke digital. Di Indonesia jumlah konsumen digital mencapai 165 juta konsumen pada akhir tahun 2021. Oleh sebab itu sudah saatnya bagi perusahaan dan pebisnis beralih ke dunia digital untuk menemukan konsumen digital.

Terkait hal itu, Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Program Studi Ilmu Komunikasi dan Bahasa (FKB) mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM), bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Kompetensi Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Kejuruan (P2KPTK2) Jakarta Barat,  Senin (29/05/2023), di Jakarta Barat.

Adapun pelatihan lebih menitikberatkan pada materi digital kreatif dengan mengusung tema “BSI DIGINATION”.  Untuk para peserta terdiri diri dari siswa-siwa didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jakarta Barat yaitu SMK Jakarta Barat 1, SMKN 9 Jakarta, dan SMK Tunas Harapan.

Roosita Cindrakasih, M.I. Kom, Ketua sekaligus Tutor memberikan pelatihan tentang “Memaksimalkan Fitur Live Streaming di Media Sosial sebagai Didital Marketing”. Siswa SMK ini diberikan pembekalan berupa pelatihan bagaimana fitur live streaming yang ada pada media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube dapat dimaksimalkan untuk berinteraksi langsung dengan audience.

“Fitur ini dapat digunakan untuk bisnis atau berjualan, dan membangun suatu perspektif terhadap suatu brand, produk, perusahaan atau bahkan diri sendiri,” papar Roosita, dalam siaran persnya, Senin (5/6/2023).

Menurut dia, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa SMK sehingga menjadi tenaga kerja yang unggul di berbagai industri maupun usaha.  “Lulusan SMK ditekankan untuk menjadi tenaga ahli yang siap bekerja dan berwirausaha, sehingga penting dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan bagaimana memaksimalkan akun media sosial mereka dengan baik, sehingga media bukan saja memberikan informasi atau hiburan akan tetapi dapat menciptakan penghasilan atau cuan,” terangnya.

Sementara itu,  Agustina Purdjanti selaku Kasubag TU P2KPTK2 menyebutkan penting bagi lulusan SMK ini memiliki attitude dan atau sikap kerja yang profesional untuk memasuki dunia kerja yang profesional. Sehingga, lulusan SMK dapat memiliki daya saing yang dibutuhkan industry, seperti industry digital kreatif seperti saat ini.

Acara PM kali ini diketuai RR. Roosita Cindrakasih, M.I. Kom dengan anggota Flora Meliana Siahaan, M.I.Kom, Amalliah, M.I.Kom, dan BSafrezi Fitra, MM ini dilaksanakan dengan tatap muka di Kantor P2KPTK2 Jakarta Barat. Para siswa SMK peserta pelatihan ini tampak sangat antusias sepanjang pelatihan berjalan, dan diakhir acara diadakan foto bersama dan pemberian hadiah sebagai penutup acara.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *