Lewat Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Pemudik Arah Jawa Bisa Lebih Cepat Sampai Tujuan

Jabar Ekspres

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yang akan menguntungkan bagi para pemudik yang ingin mudik ke arah Jawa. Pasalnya, salah satu jalan tol baru akan membuat akses dari ibu kota menuju Jawa menjadi lebih cepat.

Baru-baru ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menyatakan akan mengoperasikan tol jakarta-Cikampek II Selatan pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Tak difungsikan secara sepenuhnya, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini akan diberlakukan secara fungsional.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menyatakan ada 8,6 kilometer ruas Tol Japek II Selatan yang sangat mungkin dioperasikan secara fungsional.

Selain untuk mengurai kepadatan lalu lintas di ruas tol Jakarta-Cikampek, berfungsinya jalur ini juga bisa mempercepat akses para pemudik yang mengarah ke Jawa.

“Akan disiapkan fungsional untuk kondisi darurat ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 8,6 kilometer mulai dari simpang Susun Sadang KM 62 sampai Simpang Susun Kutanegara KM 53,” ujarnya, Sabtu (9/4/2022), dikutip dari Pikiran Rakyat.

Jika melihat kebijakan tersebut, maka para pemudik yang ingin menggunakan tol Jakarta-Cikampek II Selatan ini bisa keluar dari Gerbang Tol (GT) Karawang Timur KM 54.

Setelah keluar tol, para pemudik harus melalui jalan industri terlebih dahulu sejauh 15 kilometer.

Setelah jalan tersebut habis, ruas Tol Jakarta-Cikampek II Selatan pun bisa dilalui oleh para pemudik.

Hal yang sama juga bisa dilakukan untuk arus balik nanti. Di mana pengemudi masuk dari simpang Susun Sadang KM 62. Dan keluar di GT Karawang Timur KM 54.

Selain penggunaan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Kementerian PUPR juga menyiapkan sejumlah kebijakan lainnya sebagai antisipasi mudik tahun ini.

Di antaranya ialah Kementerian PUPR bersama Jasa Marga mempercepat pelebaran jalan di ruas tol Jakarta-Cikampek KM 67 hingga KM 50. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.