Arteria Dahlan Hujat Bahasa Sunda, Eh Film Sunda Berhasil Masuk Nominasi Film Terbaik Dunia di Berlinale

JAKARTA, AKSIKATA.COM – Di tengah hujatan masyarakat Sunda terhadap politisi PDIP Arteria Dahlan, Gubernur Jawa Barat beri kabar baik, yaitu film berbahasa Sunda diakui sebagai film terbaik dunia di Berlinale 2022.

Dilihat dari unggahannya di Twitter pribadi, @ridwankamil, Jumat (21/1/2022), “Film pertama berbahasa Sunda masuk nominasi Film Terbaik Dunia di Berlinale 2022. Selamat untuk semua pemain dan kru pendukung yang terlibat di produksi film ini!”.

Mengapresiasi penghargaan bergengsi ini, Ridwan Kamil pun mengaku bangga sebagai orang Sunda. Ia pun mengajak warganya agar bangga mempunyai bahasa Sunda, karena pencapaiannya di film berbahasa Sunda yang sudah masuk nominasi film terbaik dunia di Berlinale.

“Bangga jadi urang Sunda, jaga Basa Sunda,” tulis Ridwan Kamil.*

Film Before, Now & Then karya sutradara Kamila Andini dan Produser Ifa Isfansyah dan Gita Fara merupakan film pertama berbahasa Sunda, yang terseleksi untuk tayang perdana di program kompetisi utama 72nd di Berlinale 2022

Berlin Internasional Film Ferstival atau Berlinale 2022 yang merupakan festival film berskala internasional. Di ajang ini, Indonesia berhasil mencapai nominasi film terbaik, terlebih film berbahasa Sunda.

Sebelumnya sempat heboh karena ucapan Arteria Dahlan yang menyinggung bahasa Sunda. Akibat ucapannya yang dianggap rasis terhadap bahasa Sunda, ia pun langsung dihujat masyarakat Sunda dan dituntut untuk minta maaf. Bahkan atas ucapannya yang menunjukkan tidak adanya toleransi, PDIP pun memberi sanksi berupa teguran kepada Arteria Dahlan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *